Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, April 7, 2012

[SA:MP] Nusagamers Role Play


Rplogo

HostName    : Nusagamers Roleplay[Nusagamers.com]
Address       :  119.235.255.142:7777
Players        : 
xx / 50
Ping            :  
xx
Mode           : 
NSGSRP 2.31
Map            :  
San Andreas
***

Introducing 

            Server ini dahulu adalah server KSRPG yang kemudian naik tingkat menjadi Nusantara Roleplay. Berubahlah menjadi Valla Roleplay. Kemudian berubah menjadi CI-Roleplay dan kemudian berubah kembali menjadi Valla Roleplay.

           Setelah mengalami down-time yang cukup lama, pada akhirnya kami memutuskan untuk membangkitkan kembali Valla Roleplay yang diberi nama Nusagamers Roleplay setelah perbincangan yang panjang. Kami sudah kembali tentunya dengan wajah-wajah yang lebih fresh dan tingkatan RP yang lebih baik lagi daripada saat kami bekerja di Valla Roleplay.

          Dengan ini, saya mengundang seluruh player yang pernah bermain di KSRP, NSRP, CIRP, dan VLRP untuk kembali merasakan perubahan yang baru di Nusagamers Roleplay.

***
Apa itu Role Play?

        Definisi RP secara bahasa adalah bermain peran. Terdiri atas 2 kata. Role dan Play yang memiliki arti peran dan bermain. Sehingga jadilah RP memiliki arti bermain peran. Nah, peran seperti apa yang bisa kita mainkan? macam-macam! Mulai dari jadi polisi, sampai jadi kriminal! Eits! Tapi tunggu dulu, kamu harus hapal dulu beberapa aspek dasar yang esensial dalam bermain RP ini.

Ada beberapa orang yang menyatakan bahwa RP = RPG.
Apakah RP = RPG? Kita lihat dulu bedanya.

Perbedaan:
RP = Game mode Roleplay yang dibuat untuk melengkapi aspek-aspek kehidupan nyata dalam sebuah game tertentu. Biasanya, RP ini dibuat dalam game engine yang tidak mendukung mode RPG/RP. Nah, RP ini tidak memiliki storyline khusus ketika pertama kali kita memainkannya. Kita diperbolehkan untuk menentukan dan mengembangkan cerita karakter kita sendiri dengan tetap mengikuti logika kehidupan nyata. (Dijelaskan mendalam dalam In Depth: Character)

RPG = Role-Playing Game. Dimana peran seseorang sudah ditentukan sejak pertama kali mereka memainkan game-mode RPG ini (misal: Ksatria, Petualang, Penyihir, dll.). Meskipun dapat dikembangkan, tetapi pasti tidak akan jauh dari pilihan awalnya. (misal: Petualang yang berhasil menjadi petualang terhebat, dst.), dan RPG memiliki akhir dari storyline yang sudah ditentukan oleh pembuat game-mode tersebut.

Jadi, pada intinya, bermain RP itu adalah bermain peran seperti di KEHIDUPAN NYATA (BUKAN FILM yaa, Seperti KEHIDUPAN NYATA!)
***

Istilah-istilah dalam Role Play

In Character dan Out Of Character
In Character (IC):
In Character adalah segala dunia yang berhubungan dengan dunia karakter yang sedang kita mainkan di depan layar komputer. Segala interaksi yang berhubungan dengan kegiatan karakter anda adalah interaksi IC. Biasanya, perkataan IC ini tidak menggunakan (( Brackets )) (kecuali admin)
Out Of Character (OOC):
Out of Character adalah segala dunia yang berhubungan dengan orang yang memainkan karakter di depan layar (bisa juga disebut sebagai diri kita sendiri). OOC juga sering disebut sebagai IRL (In Real Life). Biasanya, segala hal dan/atau chat yang berbau OOC di SA:MP akan ditandai dengan tanda kurung ganda di awal dan di akhir. Contoh: (( perkataan )).
Command /me and /do

/me:
/me adalah sebuah command yang digunakan untuk menjelaskan gerak tubuh dan/atau anggota tubuh kita. Contoh: /me menjulurkan lidahnya ke arah Stew. Tampilan secara umum: *Tom menjulurkan lidahnya ke arah Stew.
/do:
/do adalah command yang digunakan untuk: 1. Menjelaskan situasi RP saat itu. 2. Menanyakan akan suatu deskripsi dalam ber-RP. 3. Menjelaskan deskripsi IC Player tersebut (karena skin hanyalah gambaran umum.) Contoh: 1. /do Di ruangan ini terlihat lemari, meja kerja, laptop, kursi reot, dan sebuah radio. 2. /do Bagaimanakah keadaan di sekitar sini? 3. /do Tom adalah seorang pria gagah yang berusia 26 tahun, memakai topi fedora dan menggunakan jaket hitam beserta syal ungu. Maka tampilannya secara umum: 1. *Di ruangan ini terlihat lemari, meja kerja, laptop, kursi reot, dan sebuah radio. ((Tom)) 2. *Bagaimanakah keadaan di sekitar sini? ((Stewart)) 3. *Tom adalah seorang pria gagah yang berusia 26 tahun, memakai topi fedora dan menggunakan jaket hitam beserta syal ungu. ((Tom))
/ame:
/ame sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan /me. /ame juga bisa merupakan command yang menjelaskan deskripsi karakter kita. Bedanya, /ame itu biasanya akan muncul di atas kepala.
***
Pelanggaran-Pelanggaran dalam Role Play

Metagaming, Powergaming, and Mixing


Metagaming:
Sering disingkat sebagai MG. Metagaming adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara OOC agar mendapatkan keuntungan dalam kehiudpan IC. Pada intinya, Metagaming ini membawa informasi OOC untuk dijadikan panduan ber-RP IC. Begitupun sebaliknya.
Powergaming:
Powergaming atau PG, bisa berarti: 1. Melakukan sesuatu hal yang tidak mungkin dilakukan di kehidupan nyata (irasional) Contoh: /me terbang atau misal kita ketabrak tapi kita masih hidup. 2. Memaksakan kehendak ketika ber-RP. Contoh: Misalnya kita lagi kekepung, kita sudah tidak mungkin kabur. Tetapi kita memaksakan bahwa adalah orang kuat. Padahal beberapa menit sebelumnya, kita mengakui ICly bahwa karakter kita lemah. 3. Mengadakan suatu barang yang tidak ada pada awal RP. Contoh: Kita lagi berurusan dengan gangster. kita akan dihajar. Tetapi kita tidak membawa pisau. Nah karena kepepet, kita me-Rpkan: /me membawa pisau.
Mixing:
Mixing adalah menggabungkan dunia OOC dengan IC. Hal yang paling simpel dari ini adalah: Kita bertanya di IC Chat: Command untuk ngisi bensin apaan?
Deathmatch:
Short Definition Deathmatch adalah sebuah perilaku menyerang orang lain tanpa alasan IC yang jelas. Jenis dari DeathMatch berdasarkan senjatanya adalah: 1. Normal DM tipe ini biasanya sering dilakukan dengan menyerang orang lain menggunakan senjata maupun tangan kosong. 2. Car Deathmatch DM tipe ini biasanya menggunakan kendaraan untuk menyerang orang lain. Baik dengan metode menabrakkan kendaraan anda ke orang lain maupun memarkirkan kendaraan anda di atas tubuh orang lain (Car Parking)
===============================================
------------------------->>> PANDUAN <<<---------------------------
--------------->>>>PERATURAN SERVER<<<<---------- --
===============================================
***
Cara main
Baiklah, saya akan berikan panduan singkat sekali, buat bermain di NSGS - RP.
  • Siapkan GTA: San Andreas kamu.
    Kalo ga punya, kamu bisa download di sini. Atau bisa juga gunakan link ini kemudian install GTA: San Andreas di komputer kamu.
  • Nah, kalau sudah beres persiapan akan GTA: San Andreas, siapkan SA:MP (Versi 0.3d ! )
    Kalau belom punya SA:MP 0.3d, silakan download di link ini. Kemudian install SA:MP ini ke Directory dimana gta_sa.exe kamu berada.
  • Kemudian, buka SA:MP kamu.
    Setelah SA:MP terbuka, klik tanda centang kemudian masukkan IP server (119.235.255.142:7777) dan klik OK.
  • Baca dulu Server Rules dan Roleplay Guide!
    Ya, saya sarankan agar kamu jangan dulu login ke server kami. Silakan baca dulu peraturan server dan Panduan Roleplay yang tersedia di forum.
  • Input your ID and log in.
    Sesudah beres dan memahami peraturan server dan panduan roleplay, masukkan ID (Nama Karakter) kamu di kotak yang berada di bawah menu toolbar. Kemudian klik tanda "Play" untuk memasukki NSGS-RP.

Nah, kami ucapkan SELAMAT DATANG di NUSAGAMERS ROLEPLAY! Semoga anda terhibur!
 ***

 Fitur Fitur

JOBS
  • Pizza Boy ( Dapat diambil di Idlewood Stack )
  • Mechanic ( Complete )
  • Trucker ( On process )
  • Taxi Driver ( Silahkan request kepada Admin )

LICENSES
  • Lisensi kendaraan mobil dapat diambil dengan mengikuti test.
  • ID untuk melakukan /showid, dapat diambil di City hall.
  • Lisensi senjata dapat direquest di PD.NUSAGAMERS.COM(IC)
  • Plat kendaraan dapat diminta di PD.NUSAGAMERS.COM(IC)

ACCESSORIES
  • Sunglasses dapat dibeli di Verona Mall.
  • Topi dapat dibeli di Verona mall.
  • Suitcase dan Backpack dapat diambil di Verona Mall.

MISCELLANEOUS
  • Asuransi untuk kendaraan mobil.
  • Memasuki Shamal/Nevada/AT400 sebagai penumpang.
  • BMX Permission untuk donator.
  • Los Santos Prison yang terbuka untuk Roleplay faction prison atau penahanan tersangka.
  • Mapping Verona mall yang baru dan menarik.
 ====================================================
Screenshoots : Cuplikan bermain Role Play

qOwne
fM6up

NZB3i

qOwne
=========================******=========================

9 comments:

  1. Bang ane ikutan gabung dong,dari tadi 'not respond' terus (-.-).

    ReplyDelete
  2. Coba sekarang login, atau jangan lupa update samp ke 03d

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAMP nya yang 0.3d... ?
      Kok Reitrieving info... ??

      Delete
  3. kok servernya not responding aja.. :/
    padahal sudah ngikutin cara2 di atas

    ReplyDelete
  4. pny gw g muncul muncul neh host name nya
    cmn Retrieving info... terus
    apa gara gara samp gw 0.3?
    tpi guat jg.com bisa tuh,gmn?

    ReplyDelete
  5. Maaf kawan kawan baru ngasih respond, soalnya sibuk dengan masalah kuliah.
    Kalo ini game online jadi setiap server suka update masing masing untuk melihat perkembangan server ini langsung aja ke situsnya ya.. di

    http://nusagamers.com

    ReplyDelete
  6. gan saya pingin ikut dong sudah saya download dicari modenya ga ada saya pake 0.3d

    ReplyDelete

Cari Mp3 gratis disini

Masukan Nama Penyanyi - Judul Lagu

Mesin Cari Free Download Mp3 Gratis